Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Menjual Saham Saat Tanggal Ex Date

Tanggal ex date dalam dunia saham berkaitan dengan kegiatan pembagian dividen oleh perusahaan. Jumlah dividen yang dibagikan tergantung dari keuntungan yang diperoleh perusahaan pada tahun berjalan dan setelah mendapat kesepakatan dari pemegang saham. Dalam kaitannya dengan pembagian dividen, dikenal ada istilah cum date dan ex date. Investor yang tercatat memiliki saham tertentu pada tanggal cum date artinya berhak mendapat pembagian dividen. Sedangkan ex date adalah sehari setelah cum date, yang artinya investor yang memiliki saham tersebut di tanggal itu sudah tidak lagi memiliki hak mendapat dividen.

Misalnya saja seorang investor bernama A membeli saham ABCD di tanggal cum date, kemudian keesokan harinya pada tanggal ex date dia menjual saham tersebut. Walaupun dia tidak lagi memiliki saham ABCD, namun karena namanya tercatat pada tanggal cum date, dia tetap memiliki hak sebagai penerima dividen saham. Sedangkan orang lain yang membeli saham tersebut di tanggal ex date tidak memiliki hak menerima dividen.

Saham-saham yang akan membagikan dividen biasanya harganya akan meningkat menjelang cum date. Hal ini karena investor dan trader berburu saham tersebut untuk memperoleh dividen, apalagi bila dividen yang dibagikan jumlahnya besar. Investor yang membeli saham menjelang cum date biasanya akan menjual saham tersebut saat ex date.

Oleh karena itulah biasanya pada tanggal ex date, harga saham tersebut akan turun agak tajam. Sangat jarang sekali saham di tanggal ex date akan menghijau. Kadang saham dapat menghijau di tanggal ex date apabila terdapat berita luar biasa yang menguntungkan perusahaan penerbit saham tersebut. Apabila tidak terdapat kejadian luar biasa, harga saham biasanya akan turun.


Nah disinilah masalahnya, ketika ex date saham pasti turun. Hal ini patut menjadi perhatian investor untuk tahu bagaimana langkah tepat menjual saham di tanggal ex date. Dari sekelumit pengalaman saya di dunia saham sejak tahun 2014, yang harus diperhatikan ketika menjual saham di tanggal ex date adalah sebagai berikut.
  • Jangan menjual saham tepat di harga penutupan hari sebelumnya karena umumnya harga saham ex date dibuka di bawah harga penutupan.
  • Saham tersebut biasanya akan turun terus dan tidak akan naik melebihi harga pembukaan.
  • Juallah saham di bawah harga penutupan sebelumnya. Misalnya pada penutupan sebelumnya harga saham bertengger di 505, maka pada ex date jual-lah seawal mungkin, sebelum jam perdagangan buka dengan harga di bawahnya, misalnya 500.
Hal ini bertujuan untuk tetap memperoleh keuntungan semaksimal mungkin, jangan sampai kita menjual saham ketika harga sudah turun jauh.

Itulah sekelumit pengelaman saya tentang menjual saham di tanggal ex date. Mungkin ada yang menganggap informasi di atas bermanfaat, mungkin juga ada yang mengganggap kurang bermanfaat. Yang penting saya maksudkan untuk berbagi pengalaman saja. Sekian....selamat bertrading saham.

Posting Komentar

5 Komentar