Dua keuntungan yang diperoleh dari investasi saham adalah adanya capital gain dan dividen. Bagi anda yang belum paham istilah tersebut, capital gain adalah selisih harga ketika membeli dan menjual saham sedangkan dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan. Capital gain bisa diperoleh setiap saat namun dividen biasanya hanya dibagikan setahun 2 kali. Dalam artikel ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang manisnya membeli saham menjelang pembagian dividen oleh perusahaan.

Mengapa saya bilang manis, karena umumnya saham-saham yang telah mengumumkan waktu pembagian dividen akan segera naik harganya. Mengapa demikian? Itu karena banyak trader yang berlomba-lomba memperoleh saham tersebut agar memperoleh dividen dari perusahaan, apalagi bila dividen yang diberikan nominalnya tinggi.

Beberapa waktu yang lalu saya memperoleh email dari sekuritas tentang jadwal pembagian dividen untuk beberapa emiten. Setelah email tersebut saya buka, saya lihat beberapa emiten yang akan membagikan dividen dalam waktu dekat. Salah satu emiten yang menarik perhatian saya adalah PT Adaro Energy (ADRO), emiten batu bara terbesar di Indonesia saat tulisan ini dibuat.

Aktivitas penambangan PT. Adaro Energy

ADRO akan membagikan dividen hampir Rp 400 per lembar saham yang harga sahamnya ketika itu 705. Dividen itu cukup lumayan sehingga saya pikir pasti banyak trader yang akan membeli ADRO untuk mengincar dividen-nya. Jadi saya putuskan untuk membeli ADRO sebanyak 75% dari nilai portofolio saya dan berhasil membelinya di harga 705.

Tepat sesuai dugaan saya, saham ADRO keesokan harinya mulai diburu trader dan harganya mulai naik. Satu minggu kemudian, tepat pada tanggal cum date, saya berhasil membukukan keuntungan sekitar 7% dari saham ADRO. Alhamdulillah itu merupakan suatu pencapaian yang patut disyukuri. Saya menjual saham tersebut di hari ex date agar saya tetap memiliki hak untuk memperoleh dividen.
Dari situ saya belajar bahwa menjelang pembagian dividen, saham-saham akan sangat menarik perhatian trader dan kemungkinan besar harganya akan meningkat. Tapi yang hal paling penting yang patut diperhatikan adalah:
  • Jumlah dividen yang akan dibagikan

Semakin besar jumlah dividen maka kenaikan harga saham akan semakin tinggi. Jadi apabila anda ingin membeli saham untuk jangka pendek, maka tidak ada salahnya mencari saham-saham yang dalam waktu dekat akan membagikan dividen dan perhatikan jumlah dividen yang akan dibagikan. Bila anda menemukan saham tersebut, belilah secepatnya dan juallah pada saat cum date atau ex date.

Harga biasanya akan mencapai puncak saat cum date. Namun apabila saham tersebut kita jual saat cum date, kita tidak akan tercatat sebagai calon penerima dividen. Kita bisa tetap memperoleh hak menerima dividen apabila menjual saham tersebut saat ex date, namun ketika ex date umumnya saham tersebut akan turun harganya karena “waktu pencatatan penerima dividen” telah lewat. Jadi pilih mana dong? Jual saat cum date atau ex date? Silahkan tentukan sendiri hahaha.